Tentu saja. Pembelajaran IPS pada tingkat SD bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang dunia sosial di sekitar mereka, menjadi warga negara yang bertanggung jawab, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan. Guru memiliki peran sebagai fasilitator dalam memandu siswa dalam memahami konsep-konsep IPS. Selain itu, guru juga diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kompetensi baik dalam ranah kognitif, ranah afektif, maupun psikomotorik siswa.
Pembelajaran IPS pada tingkat SD bertujuan untuk membantu siswa memahami dunia sosial di sekitar mereka, menjadi warga negara yang bertanggung jawab, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan. Melalui peran aktif guru dalam mengembangkan pemahaman siswa tentang konsep dan rasional hakikat, landasan, dan kurikulum pendidikan IPS pada SD, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang dunia sosial di sekitar mereka.
Peran guru dalam mengembangkan pemahaman siswa tentang konsep dan rasional hakikat, landasan, dan kurikulum pendidikan IPS pada SD adalah sebagai berikut:
1. Menjadi fasilitator pembelajaran: Guru memiliki peran sebagai fasilitator dalam memandu siswa dalam memahami konsep-konsep IPS.
2. Membantu siswa memahami konsep-konsep penting dalam IPS dengan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka.
3. Membantu siswa memahami hubungan antara diri mereka dengan lingkungan sosial, ekonomi, dan lingkungan.
4. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sosial yang penting untuk kehidupan sehari-hari dan masa depan mereka.